Postingan

Menampilkan postingan dari Agustus, 2020

CUEK TANDA DIA BELUM SIAP BERTANGGUNG JAWAB (Jonathan Manullang)

Gambar
Cuek adalah perbuatan yang "tidak baik". Apa saja yang dicuekin (pekerjaan, rumah tangga, pacaran, dll) akan mengalami "kerusakan". Orang yang cuek menandakan orang tersebut "belum siap" untuk bertanggung jawab. Rugi berpacaran dengan orang cuek! Namun, ada-ada aja yang "bertahan" disana dalam berpacaran, bertahan dengan luka & kesedihannya karena "dicuekin". Bagi saya, orang-orang demikian "kurang bijak". Ingat ya, ini konteksnya pacaran. Hubungan yang tidak jelas, tidak sehat, dan tidak membangun maka ambil sebuah "kebijkan" sehingga engkau tidak dirugikan, tidak buang-buang waktumu, dan tidak makan hati dan kecewa. Pacaran adalah untuk mereka yang sudah "dewasa". Artinya: mengerti "tanggung jawabnya" apa? Sebagai pasangan. Harusnya menurut ukuran waktu hubungan tersebut makin bertumbuh, makin dewasa dan makin menyenangkan Tuhan. Doaku, engkau menjalin hubungan dengan seseorang yang

CINTA SESUNGGUHNYA MEMBUATMU MAKIN DEKAT DENGAN TUHAN (Ps. Jonathan Manullang)

Gambar
Cinta itu "realistis", artinya: bisa "diukur" dengan Firman Tuhan. Jodoh yang dari Tuhan membawamu makin dekat dengan Tuhan. Mengenal seseorang itu "wajib hukumnya". Sikap yang terburu-buru ingin segera berpacaran maka sangat merugikan keduanya. Pertayaan, apakah hubungan sekarang ini membawamu makin dekat Tuhan? Atau makin menjauh dari Tuhan. Bijaklah! Jangan termakan oleh "perasaan". Perasaan yang melanggar firman Tuhan, itu bukanlah cinta namun "emosional" semata. Jadilah! Tegas terhadap perasaanmu maka engkau akan selamat dan layak mendapatkan yang terbaik kedepannya. Saya berdoa, hubunganmu membawamu makin dekat Tuhan. Ada mezbah doa, baca firman, penyembahan dan melayani bersama disana. Hubungan demikian adalah hubungan kian lama kian kuat dan diberkati dan menjadi berkat. God bless you! ➖➖➖➖➖➖➖ Ps. Jonathan Manullang (@jonathanmanullang) adalah hamba Tuhan yang melayani antar kota, provinsi, Indonesia & Asia. Pad

PACARAN INSTAN, HUBUNGAN INSTAN (Jonathan Manullang)

Gambar
Shock! Dengarnya. Kamu kenal dia dari sudut mananya? Yakin kamu kenal dia? Yakin pacaran dengan orang yang belum kamu kenal? Coba-coba ajalah dulu pak! Apanya yang kamu mau coba-coba? coba-coba kenal sambil pacaran, gitu? Waduh! Parah. Bener-bener parah. Sebelum pacaran, kenal dulu karakternya, pergaulannya, dosanya, masa lalunya, kecenderungannya, keluarganya, prinsip hidupnya dan responnya dalam kehidupan. Semua butuh "proses", hasil selalu mengikuti proses, hasil menghargai proses. Jangan hanya karena dia tampan! cantik! Terus kamu main sosor aja, main sikat aja. Nanti kamu rusak, ditinggalin, diselingkuhin.... Nangis-nangis..... Bilang Tuhan: "kok gini hidupku, gak adil". Kenapa Tuhan mempertemukanku dengan orang itu. HAHAHA! Parah lu.... Doaku, untuk kamu yang membaca ini.... Jadilah cerdas, tidak ngampangan, tidak murahan. Ingat! Kalau mau menerima yang terbaik dari Tuhan jangan pernah pakai "jalan pintas, potong jalan, instan". Supaya yan

PACAR ATAU KEKUDUSANMU? (Jonathan Manullang)

Gambar
Kok main putus aja? Bukan kita harus mengampuni? Mengasihi? Kalimat ini, kelihatannya benar tapi berbahaya karena beda konteks! Mengampuni itu "wajib" namun tidak harus pacaran lagi. Kalau semua dingampangkan maka kamu ataupun dia tidak akan pernah belajar apa-apa. Putus! Sering sekali akan menolong hidupmu terbebas dari kerusakan. Toh, kalau sudah sama-sama dewasa, berubah dan hidup benar, kan bisa "balikan" lagi. Simple! Jangan buat ribet. Berapa banyak anak muda, karena terlalu mengampangkan. Akhirnya dirusak, ampuni lagi, jadian lagi. Jadinya, makin parah kerusakannya. Sebab! Tidak ada pembelajaran disana. Catat baik-baik! Jodoh yang dari Tuhan "tidak mungkin" merusak hidupmu. Tidak mungkin! Jadi, jangan lagi bertanya, apakah dia jodohku Tuhan? Sudah jelas-jelas, dia mau "merusak" kamunya apalagi sampai benar-benar kamu dirusaknya. Hiduplah! Karena "iman" bukan "perasaan" semata. Iman akan membuatmu menuruti firman

PUTUS DENGAN PACAR (PASANGAN) By. Jonathan Manullang

Gambar
Tag! Pacarmu, ini sebuah "peringatan" darimu! Kok main putus aja? Bukan kita harus mengampuni? Mengasihi? Kalimat ini, kelihatannya benar tapi berbahaya karena beda konteks! Mengampuni itu "wajib" namun tidak harus pacaran lagi. Kalau semua dingampangkan maka kamu ataupun dia tidak akan pernah belajar apa-apa. Putus! Sering sekali akan menolong hidupmu terbebas dari kerusakan. Toh, kalau sudah sama-sama dewasa, berubah dan hidup benar, kan bisa "balikan" lagi. Simple! Jangan buat ribet. Berapa banyak anak muda, karena terlalu mengampangkan. Akhirnya dirusak, ampuni lagi, jadian lagi. Jadinya, makin parah kerusakannya. Sebab! Tidak ada pembelajaran disana. Catat baik-baik! Jodoh yang dari Tuhan "tidak mungkin" merusak hidupmu. Tidak mungkin! Jadi, jangan lagi bertanya, apakah dia jodohku Tuhan? Sudah jelas-jelas, dia mau "merusak" kamunya apalagi sampai benar-benar kamu dirusaknya. Hiduplah! Karena "iman" bukan "

MASALAH BAGIAN DARI KEHIDUPAN (Jonathan Manullang)

Gambar
Menangisi masalah membuatmu belum paham "satu" hal yaitu masalah adalah "bagian" dari kehidupan. Mau gembala, pdt, pastor, pemimpin, siapapun semua pasti akan mengalami masalah. It's normal. Orang-orang hebat lahir dari sana (masalah & tantangan). Masalah dari kata "problemma" artinya "didorong supaya lebih jauh kedepan". Sederhananya begini: masalah yang ada akan membawamu next level sebenarnya. Tergantung responmu. Daripada menangisi lebih baik tertawa, itu lebih OK! Kedewasaan seseorang terletak pada "cara pandangnya" terhadap kehidupan. Mempersalahkan orang lain, keadaan, bersungut-sungut bahkan marah menandakan kamu seperti apa sebenarnya. Jangan ukur kerohanian seseorang di gereja atau pas pelayanan. Ukur! Ketika dia dihantam masalah. Keluar aslinya. Tuhan hanya mempercayakan hal-hal besar kepada mereka yang sudah "siap & kuat". Karena kalau gak kuat bisa terhempas & terbawa arus. Catat baik-ba

BIJAKSANALAH! TERHADAP DIA YANG MUDAH MENYATAKAN CINTA (Jonathan Manullang)

Gambar
Baru kenal sebulan, langsung menyatakan cinta?! PARAH !!! Apalagi baru kenal beberapa hari langsung bilang cinta pada pandangan pertama, PARAH !!! πŸ‘ŠπŸ‘ŠπŸ‘Š Cinta itu realistis bukan getar-getar..... Kalau mau rasakan getar-getar lebih maka tambah listrik sedikit!!! Biar lebih kenceng..... Bahaya sekali, orang yang mudah jatuh cinta. Maka semudah itu juga dia akan jatuh cinta lagi ke orang lain. Mungkin! Kamu orang yang ke 10 yang dia rasakan getaran, orang ke 11 sementara proses bergetar juga..... Kenali dulu baik-baik.... karakternya, dosanya, masa lalunya, keluarganya, kecenderungannya, responnya, prinsip hidupnya.... Berteman dulu.... Bersahabat dulu.... Baru setelah kenal baru putuskan mau pacaran atau tidak!!! Minimal 6 bln - 1 tahun kenalanlah! Kalau beda kota kemudian yang kenal lewat sosmed maka 2 tahun lah minimal kenalannya πŸ˜„ sebab kenalan lewat sosmed, bahaya!!! Tergantung pulsa & kuota!!!! Intinya, jangan percaya cinta dadakan!!! Cinta pada pandangan pertama!!

CINTA BENAR MENJAGA BUKAN MENJAMAH (Jonathan Manullang)

Gambar
Hati-hati! Banyak modus sekarang ini, mengatasnamakan cinta namun tujuannya "menjamah & meniduri". Setelah itu, ditinggalin. Ini banyak menimpa yang namanya Kristen. Akhirnya, dinikahkan dalam kondisi hamil besar. Sekolah & kuliah, terputus! Parahnya, hamil besar lakinya "lari, tak bertanggung jawab" dan tidak sedikit akhirnya pindah kepercayaan karena terpaksa mengikuti laki-lakinya yang beda agama. Jadilah! TEGAS. Saya selalu menyampaikan ini kepada anak-anak muda yaitu setiap perasaan-perasaan yang "melanggar" Firman Tuhan maka "matikan!", Tolak! Dalam nama Yesus supaya kamu jangan terjerat oleh perasaan palsu tersebut. Getaran, dag-dig-dug bukan ukuran jatuh cinta. Cinta itu "realistis" sesuai Firman Tuhan. Kalau hanya getaran, lihat suami atau isterinya orang hati bisa "bergetar". Itu bukan cinta namun setan! Perselingkuhan banyak terjadi dimana-mana mengatasnamakan cinta. Ngeri! Jadilah! Tegas! Bijaksan

HUBUNGAN BUKAN UNTUK COCOK NAMUN PENERIMAAN (Jonathan Manullang)

Gambar
Hubungan bukanlah untuk "cocok-cocokan" namun sebuah "penerimaan". Penerimaan disini bukan berarti anda kompromi dengan dosanya. Kalau hubunganmu pacaranmu tidak sehat, segera perbaiki namun kalau tidak bertumbuh juga, mungkin sebaiknya "diakhiri" saja daripada kamunya tambah rusak, waktumu terbuang sia-sia dan tidak jelas. Menerima disini artinya setiap orang punya kekurangan & kelemahan. Disinilah, kita berfungsi "saling", artinya saling mengisi, saling membangun, saling menguatkan dan saling mendoakan. Kalau mau cari yang cocok maka sampai kapanpun pria dan wanita tidak ada yang cocok. Kita dipanggil bukan untuk cocok-cocokan namun untuk "bersatu, melebur, menguatkan dan saling mengasihi". Tidak ada pasangan yang sempurna, yang ada saling menyempurnakankan, melengkapi, mengisi, itulah yang benar. Berdoa, hubungan pacaranmu adalah hubungan yang dibangun diatas "penerimaan" bukan "tuntutan" sehingga disana

HIDUP DALAM KEBENARAN MENGUNTUNGKANMU (Jonathan Manullang)

Gambar
Setiap kali kita "menghidupi" kebenaran maka yang di untungkan bukan Tuhan namun dirimu. Kebenaran itu bertujuan untuk menolongmu, memberkatimu, dan menggenapi semua rencana Tuhan yang terbaik atasmu. Jangan coba nego (tawar menawar) dengan kebenaran. Kebenaran tetaplah kebenaran. Kamu lakukan kamu akan "beruntung", kamu langgar kamu akan mengalami "kerugiaan". Camkan! Itu. Yosua 1:7 Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau pergi. Generasi muda, berpacaranlah yang benar. "Jagalah kekudusan" supaya hidupmu mengalami perkenanan Tuhan. Jangan "menjual" imanmu dengan yang tidak seiman. Sebab, diluar Yesus kamu "binasa!". Jangan memakai alasan: "nanti saya menangkan, saya bawa ke Kristus". Berhenti bodoh!

BERAGAMA BELUM TENTU BERTUHAN (Jonathan Manullang)

Gambar
Ber-agama belum tentu ber-Tuhan. Beragama tapi kalau menebar teror, ketakutan, percuma! Beragama tapi kerjaannya jelek-jelekin orang lain percuma! Beragama tapi merasa paling benar, percuma! Beragama tapi gosip dan fitnah, percuma! Cara hidup kitalah menentukan kita ber-Tuhan apa tidak? Menangis saat beribadah, namun kalau hidup tidak berubah, aneh! Gemetar dan rebah namun kalau hidup tidak berubah, aneh! Esensi dari ibadah adalah "ketemu Tuhan" bukan "liturgi". Ketemu Tuhan gak? Kalau ketemu Tuhan pasti berubah! Firman Tuhan berkata: Yesaya 29:13 Dan Tuhan telah berfirman: "Oleh karena bangsa ini datang mendekat dengan mulutnya dan memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya menjauh dari pada-Ku, dan ibadahnya kepada-Ku hanyalah perintah manusia yang dihafalkan Tuhan dipermuliakan bukan dengan cara beragama kita namun cara hidup kita. Cara hidup kita, menentukan kita ber-Tuhan apa tidak! Tuhan dipermuliakan lewat berikut ini, yaitu: Galatia 5:

MERDEKA! DARI PERASAAN GALAU (Jonathan Manullang)

Gambar
Galau tanda engkau masih "terjajah". Hatimu, pikiranmu, tenagamu semua dijajah. Penjajahan terbesar adalah ketika engkau membiarkan dirimu sendiri "terpuruk", sama halnya tidak dipenjara namun sikapmu membuat engkau terpenjara dan parahnya itu sudah bertahun-tahun kamu lakukan, tidak bisa move on. Ayolah! Berpikir lebih luas, hari depan yang luarbiasa sedang menunggumu. Tuhan sudah mempersiapkan yang tepat dan yang terbaik untukmu. Kalau kamu mau mendapatkan yang "baru" (yang terbaik) maka yang "lama" harus kamu lepaskan. Percaya! Hari depan lebih baik dari sekarang adalah rahasia kamu "merdeka" dari kegalauanmu. Ini waktunya! Kepada para kaum "galau", mari bangkit! Sudah terlalu kamu "terjajah" dan sudah terlalu banyak pula yang "dirampas" dalam kehidupanmu. Jangan sampai, masa depanmu juga dirampas! Berhenti bodoh, mulailah lihat rencana Tuhan yang besar atasmu. Merdeka! Dari kebodohan! Berdoa, k

JAGA HATIMU BAIK-BAIK (Pdt. Jonathan Manullang)

Gambar
Kamu tidak bisa melarang orang lain untuk tidak menggosipi, omongin atau bahkan memfitnahmu. Kamu juga, tidak bisa meminta orang lain untuk menyukaimu. Selama, kamu berada di jalan benar. It's okay! Ingatlah! Penggosip, pemfitnah, pencemburu, dan lain-lain akan selalu "ada" di bumi ini. Sering banget Tuhan memakai mereka untuk "mengangkat" hidupmu ke level yang lebih tinggi. Bersyukur untuk itu. Jangan terlalu baper, dibawa santai dan tenang saja. Yusuf! Coba dibunuh saudara2nya yang iri/ cemburu kepadanya namun akhirnya dijual namun "ternyata" lewat merekalah yang iri itu, Tuhan mengangkat kehidupan Yusuf untuk menggenapi rencana Tuhan yang besar & luarbiasa. So! Jangan kutuki mereka, bersyukur! Tuhan pakai mereka untuk mengangkat kehidupanmu. Kalau terlalu tegang leher atau panas hatimu, seruput kopi dulu ☕ Hari ini, hari Minggu, beribadah! Doakan mereka. Berterimakasih! Ke Tuhan atas mereka sehingga hidupmu menjadi penuh "warna war

CARANYA MOVE ON DARI MANTAN (Jonathan Manullang)

Gambar
Sebenarnya MOVE ON adalah perkara yang "mudah". Kuncinya, jangan ikuti "perasaanmu", jangan terlalu baperan. Berhenti! Dengarin lagu-lagu sedih apalagi kamu putar untuk "mengenang" hubungan kalian yang laluπŸ˜„ itu namanya "Oon". Hmm... Pasti ada lagi yang tersinggung..... Hidup ini, ada yang datang & pergi, itu biasa dalam kehidupan. Terkadang Tuhan harus memisahkanmu dengannya supaya kamu dipertemukan dengan orang yang tepat. Mengapa hari depan misteri? Supaya kamu hidup percaya & mengandalkan Tuhan yang mempunyai masa depan. Terkadang, 10 tahun kemudian baru kamu "bersyukur", untung saya gak jadi sama orang itu. Cobalah! Buka hati & pikiranmu lebih luas. Tuhan bukan sekedar Tuhan, Dia juga buka BAPA kita. Sifat dari Bapa adalah hanya memberikan yang "terbaik" kepada anakNya. Kalau Dia melepaskanmu dari seseorang karena Dia tahu, itu bukan yang terbaik untukmu. Paham ya! Sudah! Stop itu lagu-lagu galau....

JOMBLO BUKAN KARENA TIDAK LAKU NAMUN KARENA PRINSIP HIDUP (Ps. Jonathan Manullang)

Gambar
Jomblo berkualiatas tahu kapan dia akan berpacaran, tidak sembarang memilih, namun memiliki standar & kualitas seperti Firman Tuhan katakan. Dia jomblo bukan karena tidak laku namun karena prinsip hidupnya yang "tidak sembarangan". Zaman sekarang, begitu lihat cantik & tampan, matanya langsung jelalatan! tidak peduli lagi karakternya. Akhirnya! Rusak. Jomblo berkualiatas memperhatikan bibit & bobotnya. Orang-orang begini akan menikah dengan yang berkualitas, terbaik dan diberkati Tuhan. Heran! Dengan mereka yang terburu-buru ingin pacaran, ingin menyatakan cinta, ingin nembak! Akhirnya pacaran dengan orang yang belum dia kenal karakternya, dosanya, masa lalunya, keluarganya. Begitu kenapa-kenapa sedih... Galau.... Parah lu! Makanya cinta itu pakai otaknya (perhatikan bibit bobotnya). Jangan cuma lihat, dompetnya, mukanya, bentuk tubuhnya.... Semua itu bisa berubah..... Namun karakter yang baik akan membuatmu damai sejahtera, nyaman, sukacita dan diberkati

JADILAH WANITA YANG TEGAS ! (Ps. Jonathan Manullang)

Gambar
Berhenti bodoh! Itulah kalimat yang tepat untuk kamu yang hanya bermain "perasaan". Alasan ini itulah. Cintalah! Sayanglah! Bego banget! Begitu di tiduri, ditinggalin lalu ngomong mau mengakhiri hidup.... Parah memang bodohnya..... Perasaan-perasaan yang melanggar "firman Tuhan", matikan!!! Perasaan tersebut. Hubungan yang mencoba melanggar kekudusan putuskan!!! Kekudusan & kehormatanmu lebih penting darinya. Please! Jadilah wanita yang TEGAS!!! Maka engkau akan selamat, melihat masa depan & pasanganmu luarbiasa kedepan. Kepada setiap perempuan yang membaca ini..... Hargai & hormati dirimu.... Cinta yang sebenarnya tidak melanggar firman Tuhan (Alkitab). Jadi, kalau dia coba-coba mau menyentuhmu, putuskan! Suruh bertobat! Ingat, yang dari Tuhan menjaga kekudusanmu yang dari setan mencoba merusak kekudusanmu. God bless you! ➖➖➖➖➖➖➖ Ps. Jonathan Manullang (@jonathanmanullang) adalah hamba Tuhan yang melayani antar kota, provinsi, Indonesia &a

CIRI CIRI PACAR YANG WAJIB KAMU PUTUSIN ! (Ps. Jonathan Manullang)

Gambar
Daripada kamu "dirusak", waktumu terbuang sia-sia dan hubungan tidak jelas dan tidak pasti lebih baik ambil keputusan! Tanpa keputusan maka tidak akan pernah ada "perubahan" dalam hidupmu. Pikirkan itu. Berikut! Ciri-ciri pacar yang wajib kamu putusin! 1. BERUSAHA & BERUPAYA MERUSAK KEKUDUSANMU (berulang-ulang meminta, cuek ketika kamu menolak bahkan hilang tidak jelas, malas-malasan komunikasi karena permintaan itu tidak dipenuhi). Kurang ajar ini! Segera putuskan. 2. KASAR & MEMAKI (Pacaran saja sudah begitu, apalagi nikah habis!!! kamu dibuatnya). Jangan coba-coba bawa ke masa depanmu. 3. SELINGKUH, LIRIK SANA SINI (Buaya darat dan si mata keranjang ini, tidak pantas dijadikan pasangan). Typekal tidak setia dan berbahaya. 4. BERSIFAT KEKANAK-KANAKAN (Ini paling repot, sibuk dengan dirinya, egois, dan kurang peduli). Dunia anak-anak adalah "bermain", pacaran sama seseorang yang masih bersifat kekanak-kanakan maka hubungan akan dija

RESIKO PASANGAN (PACAR) CUEK ! Ps. Jonathan Manullang

Gambar
Main games ada waktunya, kerja ada waktunya, berteman ada waktunya. Begitu ke kamu "tidak ada waktu, di cuekin" alasannya begitu bawaannya. Pertayaannya. Kamu mau terus berpacaran dengan orang seperti itu? Sama saja, menjadi "padang gurun" hatimu, sepi & kering nantinya. Defenisi kasih adalah mengasihi bukan "mencueki". Artinya: dia belum menghidupi definisi kasih itu. Hubungan yang sehat adalah hubungan yang "saling", yaitu saling mengasihi bukan saling mencueki. Kalau alasannya adalah "bawaan lahir" sudah begitu, cuek! maka siap-siaplah sampai mati dia akan "mencueki" kamu. Pilihan ada di tanganmu. Mau hubungan yang seperti taman yang indah atau seperti padang gurun? Pilihlah! God bless you Love, (Jonathan Manullang) ➖➖➖➖➖➖➖ Ps. Jonathan Manullang (@jonathanmanullang) adalah hamba Tuhan yang melayani antar kota, provinsi, Indonesia & Asia. Pada tahun 2007 kuliah Teologia S1 ( S.Th ) di STT Bethany, Sura

PACAR YANG MINTA FOTO NAKED, PUTUSKAN! (Ps. Jonathan Manullang)

Gambar
Tanamkan ini di hatimu, perempuan-perempuan. Jangan percaya, cowokmu dengan alasan apapun ketika meminta foto nakedmu. Penjahat itu! Kamu hanya akan dijadikan pelampiasan nafsunya. Don't stupid! Jangan bawa-bawa atas dan demi nama cinta, itu bukan cinta namun pekerjaan setan. Berapa banyak akhirnya wanita ketakutan fotonya disebar dan akibatnya dimanfaatkan sampai hamil lalu ditinggalkan. Lalu nangis-nangis. Miris! Jadilah, wanita yang tegas, laki-laki yang begitu suruh bertobat dan segera putuskan! Ngga usah minta-minta petunjuk Tuhan: "dia itu jodohku apa bukan Tuhan". Jelas! Bukanlah!! Dari Tuhan nggak akan mungkin "merusak apalagi menghancurkanmu kamu". Catat itu! Ingat, jaga harga dirimu, jaga kehormatanmu. Kalau kamu menjaganya maka yang datang padamu adalah pria yang "terhormat" kelak. God bless you...... ➖➖➖➖➖➖➖ Ps. Jonathan Manullang (@jonathanmanullang) adalah hamba Tuhan yang melayani antar kota, provinsi, Indonesia & Asia.

CINTA ITU REALISTIS (BISA DI UKUR) Ps. Jonathan Manullang)

Gambar
Kalau cuma perasaan "dag-dig-dug" maka lihat suami atau isteri orang hatimu juga bisa merasakan getaran itu, itulah mengapa banyak terjadi perselingkuhan dan perzinahan. Bahkan! Lihat sesama jenis pun engkau bisa dag-dig-dug makanya ada yang namanya "homo atau lesbi". Itu bukan cinta nafsu kesesatan & pekerjaan iblis. Hati-hati dengan hati & perasaanmu. Cinta itu "realitas" bisa diukur, ukurannya adalah firman Tuhan. Setiap perasaan-perasaan yang melanggar firman Tuhan maka segera "tolak & matikan", dosa sedang mengintip. Mengapa banyak orang hamil masih sekolah ataupun kuliah? Karena sering hanya mengikuti perasaannya. Harusnya! Kekudusan, kebenaran, takut akan Tuhan itulah "realistisnya" sebuah cinta. Anda, tidak bisa memisahkan antara cinta dengan Tuhan, bahaya!!! Sebab cinta sumbernya adalah Tuhan. Saran saya, sebaiknya ketika anda hendak menjalin hubungan ketika: 1. Lulus kuliah (bekerja), mengenalnya lewat proses

JANGAN KHAWATIR AKAN HARI ESOK (Ps. Jonathan Manullang)

Gambar
Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian? Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu? Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya? Dan mengapa kamu kuatir akan pakaian? Perhatikanlah bunga bakung di ladang, yang tumbuh tanpa bekerja dan tanpa memintal, namun Aku berkata kepadamu: Salomo dalam segala kemegahannya pun tidak berpakaian seindah salah satu dari bunga itu. Jadi jika demikian Allah mendandani rumput di ladang, yang hari ini ada dan besok dibuang ke dalam api, tidakkah Ia akan terlebih lagi mendandani kamu, hai orang

KRISTEN DEWASA (MEMPELAI KRISTUS) SEPERTI APA? Ps. Jonathan Manullang

Gambar
Kekristenan seseorang "terlihat" ketika ada masalah ataupun goncangan. Karung kalau isinya "sampah" maka ketika digoncang yang keluar adalah sampah. Apa yang "mengisi" itulah yang keluar. Jangan ukur kekristenan pada waktu ke gereja, tepuk tangan, menangis, dan lain-lain. Lihatlah! Waktu dia menghadapi masalah. Kalau "Kristus" di dalamnya & memimpin hidupnya maka ketika ada "masalah" yang keluar adalah "ucapan syukur" itulah reaksinya. Menjadi pertayaan? Siapa yang memimpin hidupmu? Banyak orang suka menyalahkan Tuhan atas masalah dalam hidupnya, menandakan jelas, dia tidak membiarkan dirinya "dituntun & dipimpin" Tuhan. Orang-orang seperti ini, akan mudah sekali kecewa & murtad. Jadilah! Kristen yang dewasa, sebab apabila Tuhan datang ke 2 kalinya maka yang Dia jemput adalah "mempelaiNya". Kata mempelai hanya ditunjukkan kepada mereka yang sudah "dewasa". Haleluyah! Tuhan Y

JANGAN MENGHAKIMI, MENGASIHI ADALAH PANGGILAN ORANG PERCAYA

Gambar
Pada hari-hari terakhir, karena makin bertambahnya "kedurhakaan" maka "kasih" kebanyakan orang akan menjadi "dingin". (Matius 24:12) Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar. Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama, tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik, suka mengkhianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah. Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu! (2 Timotius 3:1-5) ➖➖➖➖➖➖➖ Ps. Jonathan Manullang (@jonathanmanullang) adalah hamba Tuhan yang melayani antar kota, provinsi, Indonesia & Asia. Pada tahun 20